Jumat, 08 April 2011

MENGENTRY DATA DENGAN OCR


OCR (Optical Character Recognition) adalah sarana yang digunakan untuk mengenali karakter optis untuk membaca informasi ke dalam sisitem computer . identifikasi karakter yang di lakukan dengan menggunakan penginderaan cahaya seperti yang terdapat pada scanner.

System OCR tidak terpengaruh oleh format dengan stylesheet tertentu. Bahkan stylesheet yang kurang sempurna dapat dikenali. OCR juga dapat mengenali karakter yang dibuat oleh mesin tik manual dan dapat di konversi ke dalam karakter yang terdapat dalam computer. Aspek ini memungkinkan kemudahan dan fleksibilitas dalam menentukan proses pengumpulan data. Di kedua system, karakter yang dibaca, harus di cetak di area dokumen yang ditentukan dengan standar registrasti pencetakan yang cukup tinggi.

System OCR memiliki sejumlah kelebihan ketika menangani dokumen yang rusak dan terlipat atau dokumen yang telah kotor atau di tindih karakter.


Latihan soal

1. Apa yang dimaksud dengan OCR? Apa fungsi utama OCR?

2. Aplikasi apa yang di butuhkan untuk dapat mengentry data dengan OCR?

3. Apa perbedaan utama antara proses mengentry data image dengan data teks?

4. Dapatkah aplikasi Omnipage digunakan untuk mengedit (menyunting) teks yang kita scan.

5. Dapatkah kita mengentry data teks dengan OCR langsung menggunakan aplikasi pengolahan kata seperti MS. Word atau Adobe Pagemaker? Jelaskanlah pendapatmu berdasarkan pengalaman yang kam lakukan!

v