Rabu, 16 Januari 2013

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER


JENIS – JENIS  JARINGAN

Istilah jaringan merupakan terjemahan dari kata network atau jaringan kerja, yang kemudian diperpendek menjadi jaringan saja. Jika kita mengatakan adanya jaringan komputer, maka yang dimaksud adalah jaringan kerja komputer. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan, atau bahkan jutaan node. 
Sebagai bahan kajian dan pengetahuanmu, marilah kita pelajari bermacam-macam jaringan yang sampai saat ini telah dan sedang digunakan orang. Jika dilihat dari luas jangkauan serta sifat geografis, jaringan dapat dibagi dalam dua kelompok besar, yakni LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).`Secara umum, jaringan komputer dibagi atas lima jenis sebagaimana diuraikan berikut ini.

a. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kompleks bangunan (seperti sekolah, pabrik) yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan   untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber daya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. Contohnya : Lab. Komputer Sekolah, Warnet, Kantor dan lain-lain.

b. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

c. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri atas kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

d. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antarjaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda: Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi, inilah yang disebut dengan internet.

e. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu jalan keluar terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di mobil atau di pesawat terbang, maka jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Media transmisi yang digunakan untuk jaringan wireless antara lain dengan : Gelombang radio.

 
Komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan komputer.
Langkah awal dalam membangun jaringan komputer ialah menyiapkan media transmisi dan  perangkat kerasnya, yaitu:
  1. Sejumlah Komputer, minimal 2 buah.
  2. LAN Card PCI jika komputer belum memiliki NIC/Lancard Onboard.
  3. Kabel UTP (diasumsikan akan membangun Jaringan Komputer Lokal dengan media transmisi kabel), tiap titik komputer panjang kabel maksimal 100 meter.
  4. Konektor RJ-45 yang harus dipasang di masing-masing ujung kabel.
  5. Hub/Switch jika komputer lebih dari dua.
  6. Tang (Crimp Plugs) untuk penyambungan kabel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar